Sumber gambar : doktersehat.com

Setiap orang tak terkecuali olahragawan pasti memerlukan makanan dengan nutrisi yang cukup dan sehat dengan kualitas yang baik agar kondisi tubuh tetap prima dalam waktu yang panjang. Bagi olahragawan seperti atlet, memiliki tubuh yang sehat dan kuat dapat memberikan dampak yang baik seperti meningkatkan prestasi. Oleh karena itu, memilih menu sehat untuk olahragawan menjadi suatu hal yang penting.

Perlu diketahui, ketika seseorang berolahraga dapat memicu pemecahan protein dalam tubuh dan dapat mengakibatkan tubuh seseorang menjadi kekurangan tenaga. Untuk mengembalikan kondisi tersebut, olahragawan membutuhkan menu yang sehat dan waktu sebagai pendukung. Makan setelah olahraga memiliki peran yang sangat penting untuk mengisi ulang bagian otot yang hilang akibat latihan fisik. Menurut deherba, dengan memiliki menu yang sehat dan tepat, para olahragawan akan membantu tubuh mereka untuk :

  • Mengisi ulang kadar glikoge dalam otot
  • Membantu memulihkan otot
  • Membangun ulang otot
  • Mengurangi efek samping dari latihan
READ  Ternyata Ini Pengertian Demam Scarlet yang Wajib Diketahui

Oleh karena itu, demi dapat memenuhi kebutuhan tersebut, secara khusus tubuh akan membutuhkan sejumlah nutrisi lebih dari nutrisi lain. Berikut ini menu sehat yang dapat menjadi alternatif untuk olahragawan.

  • Makanan kaya harbohidrat dan protein

Dilansir dari Manuel Vilacorta, R.D., ahli gizi sekaligus juru bicara American Dietetic Association menyampaikan bahwa karbohidrat dan protein merupakan dua hal yang penting yang dibutuhkan oleh tubuh setelah berolahraga. Hal ini dikarenakan setelah tubuh berolahraga aliran darah beredar dengan baik. Karbohidrat dan protein dinilai sebagai menu sehat untuk olahragawan dikarenakan karbohidrat membantu tubuh memaksimalkan sintesis protein dan glikogen yang telah dihabiskan selama berolahraga dan protein membantu mempercepat tumbuhnya otot baru dan memperbaiki sel-sel otot yang mengalami kerusakan. Meskipun demikian, porsi dalam mengkonsumsi karbohidrat dan protein harus tetap diperhatikan dengan ukuran tiga banding satu. Misalnya, jika anda  mengkonsumsi makanan yang mengandung 180 gram karbohidrat, maka konsumsi protein sebesar 60 gram.

READ  Cara Mengobati Demam Scarlet dan Penanganannya

Beberapa makanan yang mengandung kabohidrat diantaranya ubi, kentang, nasi, buah seperti pisang, kiwi, beri, dan nanas, oatmeal, atau sayuran hijau. Sedangkan kandungan protein biasanya terdapat dalam makanan seperti yogurt, daging ayam, ikan tuna, susu, keju, atau salmon.

  • Makanan kaya lemak

Dilansir dari Healthline, lemak dapat membantu meningkatkan pertumbuhan otot setelah melakukan olahraga. Selain itu, perlu diketahui bahwa energi pada tubuh manusia terdiri dari 45 persen lemak. Makana dan minuman yang mengandung lemak sehat didapatkan dari alpukat, susu sapi, dan kacang-kacangan. Dengan demikian lemak dapat menjadi menu sehat untuk olahragawan.

  • Makanan yang dikombinasi

Tidak masalah jika sesorang memakan buah secara langsung, namun cara yang lebih baik adalah menggabungkan atau mengkombinasi dengan makanan lain untuk memaksimalkan nutrisi yang terserap. Umumnya setelah berolahraga, kebanyakan orang tidak mampu untuk membuat makanan yang harus diolah terlebih dahulu. Dengan beberapa menu berikut menurut hallosehat yang dapat menjadi pilihan setelah berolahraga seperti yogurt buah dan kacang, sereal susu dan kacang, salad buah, oatmeal, roti isi telur, atau roti isi daging. Makanan kombinasi tersebut sangat cocok menjadi menu sehat untuk olahragawan dalam memenuhi kebutuhan nutrisi.

READ  Cara Mengobati Alergi Debu

Itulah menu sehat untuk olahragawan yang dapat Anda aplikasikan dari rekomendasi yang kami tawarkan. Penting bagi kita termasuk olahragawan untuk sentiasa menjaga kesehatan tubuh serta menjaga pola makan sehat setelah berolahraga. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.