Mengenal Beragam Informasi Seputar Mengatasi Alergi DinginMemiliki hidung tersumbat dan berair, atau bersin dan batuk, pikiran pertama mungkin adalah Anda terserang flu. Namun, ini juga merupakan tanda alergi dingin. Dengan mempelajari perbedaan antara alergi dan pilek, dapat menemukan metode pemulihan yang tepat – cepat.

Apa itu flu?

Pilek, juga dikenal sebagai “pilek biasa,” disebabkan oleh virus. Banyak jenis virus bertanggung jawab atas masuk angin. Sementara gejala dan tingkat keparahannya bervariasi, pilek umumnya memiliki beberapa karakteristik dasar yang sama. Berikut adalah beberapa fitur utama dari flu biasa:

  • Pilek ditularkan melalui tetesan virus yang ditumpahkan oleh orang yang sakit ketika batuk atau bersin.
  • Selain batuk dan bersin, gejala pilek bisa berupa sakit tenggorokan dan pilek, hidung tersumbat.
  • Pilek yang lebih parah juga bisa menyebabkan sakit kepala, demam, dan sakit tubuh.
  • Pemulihan dari flu biasanya cepat. Durasi rata-rata pilek adalah 7 hingga 10 hari. Sumber terpercaya.

Jika gejalanya berlangsung lebih dari satu atau dua minggu, virus mungkin berkontribusi pada infeksi yang lebih serius, seperti infeksi sinus, pneumonia, atau bronkitis. Penderita alergi mungkin lebih mudah terserang flu. Terlepas dari namanya, Anda dapat masuk angin “dingin” kapan saja sepanjang tahun, bahkan di musim panas. Sumber tepercaya Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) memperkirakan bahwa rata-rata orang dewasa yang sehat menderita dua atau tiga pilek per tahun. Anak-anak kecil mungkin menderita pilek bahkan lebih karena sistem kekebalan mereka yang kurang matang.

READ  Alergi Debu Adalah Alergi Umum

Apa itu alergi ?

Alergi terjadi ketika sistem kekebalan tubuh Anda bereaksi negatif terhadap zat-zat tertentu. Saat Anda terpapar pada pemicu alergi, yang dikenal sebagai alergen, sistem kekebalan Anda melepaskan zat kimia yang disebut histamin. Alergi dingin salah satunya adalah berupa flu. Pelepasan histamin inilah yang menyebabkan gejala alergi. Alergi dan pilek memiliki beberapa gejala umum, seperti:

  • bersin
  • batuk
  • sakit tenggorokan
  • hidung beringus
  • hidung tersumbat
  • mata berair
  • Alergi juga bisa menyebabkan ruam dan mata gatal. Pilek biasa biasanya tidak.

Setiap tahun, lebih dari 50 juta orang Amerika mengalami alergi. Alergen musiman seperti pohon, rumput, dan serbuk sari gulma adalah pemicu umum, tetapi Anda mungkin alergi terhadap zat tertentu sepanjang tahun. Pemicu alergi lain dapat termasuk:

  • tungau debu
  • bulu binatang atau air liur, seperti dari kucing atau anjing
  • cetakan
  • makanan, seperti kacang tanah, kacang pohon, susu, dan telur

Pilek vs alergi: Bagaimana membedakannya

Pilek dan alergi memiliki banyak gejala yang sama, mungkin sulit untuk membedakan kedua kondisi tersebut.Salah satu cara untuk mengatakan apa yang membuat Anda merasa tidak enak badan adalah memperhatikan gejala yang tidak mereka bagi. Pilek lebih mungkin menyebabkan:

  • kelelahan
  • sakit dan nyeri
  • sakit tenggorokan
  • demam
READ  Bagaimana Cara Mengobati Keratosis Aktinik?

Alergi lebih cenderung menyebabkan:

  • mata gatal
  • mengi
  • ruam kulit, seperti eksim atau gatal-gatal

Alergi pada anak-anak

Tanda alergi lainnya – terutama pada anak-anak – disebut “salut alergi.” Anak-anak yang alergi memiliki hidung gatal, yang sering mereka gosok dengan gerakan tangan ke atas yang terlihat seperti salut.

Sepanjang tahun

Waktu dalam setahun dapat memberikan petunjuk tentang penyebab gejala Anda. Anda lebih mungkin terserang flu selama bulan-bulan musim gugur dan musim dingin, meskipun mungkin juga untuk terkena demam di musim semi dan musim panas.

Alergi juga dapat menyerang kapan saja sepanjang tahun, tetapi alergi serbuk sari paling umum selama bulan-bulan musim semi. Alergi rumput paling tinggi terjadi pada akhir musim semi hingga musim panas, sedangkan alergi ragweed terjadi selama akhir musim panas dan gugur.

Durasi gejala

Cara lain untuk mengetahui apakah Anda memiliki alergi atau pilek adalah dengan durasi gejala. Pilek menjadi lebih baik dalam waktu seminggu atau lebih. Alergi tidak akan hilang kecuali Anda dirawat atau menghilangkan pelatuk. Alergen musiman cenderung menyebabkan gejala dua atau tiga minggu sekaligus.

READ  Cara Mengobati Demam Scarlet dan Penanganannya

Kesalahpahaman umum

Jika Anda melihat warna ingus, atau lendir Anda, untuk mengetahui apakah Anda menderita pilek atau alergi, Anda tidak akan menemukan banyak bantuan di sana. Terlepas dari kesalahpahaman umum bahwa keluarnya cairan hidung hijau adalah tanda infeksi, alergi dapat menyebabkan keluarnya hidung Anda dalam semua warna berbeda. Dan flu sering membuat hidung Anda menjadi jernih.

Mendiagnosis pilek dan alergi

Anda tidak perlu ke dokter untuk pilek, tetapi jika membuat janji, gejala mungkin akan cukup bagi mereka untuk mengonfirmasi diagnosis. Jika dokter berpikir mungkin memiliki infeksi bakteri seperti radang tenggorokan atau radang paru-paru,mungkin perlu tes lain seperti biakan tenggorokan atau rontgen dada.

 

Alergi Anda mungkin perlu menemui dokter perawatan primer, dokter telinga-hidung-tenggorokan (THT), atau ahli alergi. Dokter terlebih dahulu akan bertanya tentang gejala Anda. Reaksi alergi yang parah atau mengancam jiwa sering membutuhkan perawatan dari spesialis alergi.

Berbagai tes dapat digunakan untuk mendiagnosis alergi. Tes kulit dapat digunakan untuk menentukan pemicu alergi Anda. Kadang-kadang dokter primer atau spesialis alergi juga dapat menggunakan tes darah untuk mendiagnosis alergi tergantung pada usia Anda dan kondisi kesehatan lainnya

Sumber
https://www.healthline.com

sumber gambar

Informasi Kesehatan dan Tips Kesehatan