Setiap penyakit pasti ada obatnya. Sama seperti penyakit demam scarlet ini, pastilah ada cara mengobati yang tepat dalam menangani penyakit ini. Demam scarlet merupakan demam yang disertai ruam kemerahan dan juga disertai sakit tenggorokan dan radang tenggorokan. Demam scarlet ini akan mempengaruhi organ tubuh yang lainnya, apabila tidak segera diobati. Yaitu dapat mempengaruhi organ jantung dan ginjal. Tentu sangat berbahaya apabila penyakit demam scarlet ini tidak segera diatasi. Akibatnya akan mempengaruhi kinerja organ tubuh lainnya seperti jantung dan ginjal. Itu artinya penyakit demam scarlet ini harus segera diatasi apabila gejala dan tanda-tanda penyakit ini mulai muncul. Namun salah jika setiap orang sakit tenggorokan pasti akan menyebabkan demam scarlet. Karena tanda-tanda demam scarlet tidak selalu sakit tenggorokan.

Maka kenali terlebih dahulu gejala demam scarlet sebelum dilakukan pengobatan pada penyakit ini. Demam scarlet dapat dilakukan dengan pengobatan dari dokter maupun dengan pengobatan dirumah. Inilah beberapa cara mengobati demam scarlet yang dapat diterapkan.

READ  Menu Sehat untuk Olahragawan

Cara Mengobati Demam Scarlet dan PenanganannyaSumber : halodoc.com

Menurut halodoc.com, ada beberapa cara metode pengobatan dalam menangani penyakit demam scarlet. Metode pengobatan dan cara mengobati demam scarlet yang dapat diterapkan adalah :

  1. Berkumur dengan air asin yang hangat untuk mengatasi masalah sakit pada mulut dan tenggorokan
  2. Mengkonsumsi obat acetaminophen (Tylenol) dan juga ibuprofen (Advil, Motrin) agar mengurangi rasa sakit dan juga menurunkan demam. Sedangkan khusus pada anak-anak, lebih baik beri parasetamol, dan juga menghindari penggunaan aspirin.
  3. Mengkonsumsi atau meminum banyak air untuk melempabkan tenggorokan serta dapat mencegah dehidrasi
  4. Juga menggunakan humidifier untuk dapat meredakan radang tenggorokan.
  5. Dan hindari untuk menggaruk kulit yang mengalami, agar tidak memunculkan luka pada kulit
READ  Cara Mengobati Alergi Debu

Dilansir dari alodokter.com, pengobatan demam scarlet dapat sembuh setelah diobati sekitar 4 sampai 5 hari. Dokter akan memberikan obat antibiotik yang dapat diminum, seperti penisilin, selama 10 hari untuk menangani demam scarlet. Bagi yang alergi penisilin, dokter akan meresepkan erythromycin untuk alternatifnya. Pasien harus menjalani pengobatan secara tuntas, agar infeksi dapat hilang dan dapat sembuh dengan sepenuhnya. Pada umumnya, demam dapat hilang setelah mengonsumsi antibiotik dengan kurun waktu 12-24 jam.

Selain itu, cara mengobati demam scarlet secara mandiri dapat dilakukan dirumah dan dilakukan dengan beberapa cara, diantaranya adalah :

  1. Konsumsi paracetamol untuk mengatasi demam dan sakit pada tenggorokan
  2. Menjaga asupan cairan tubuh agar tenggorokan tidak kering dan tetap lembap. Selain itu, agar dapat mencegah dehidrasi pada tubuh
  3. Berkumur-kumur menggunakan larutan air garam agar sakit pada tenggorokan berkurang
  4. Konsumsi permen pelega tenggorokan agar dapat meredakan radang tenggorokan
  5. Gunakan pelembap udara, untuk dapat menghilangkan udara kering. Hal itu dilakukan agar udara tetap lembap dan menghilangkan pemicu radang tenggorokan
  6. Hindari asap rokok dan produk pembersih yang dapat memicu iritasi
  7. Gunakan lotion yang mengandung calamine dan juga dapat mengonsumsi tablet antihistamin agar dapat meredakan gatal akibat ruam pada kulit.
READ  Inilah Program Diet Tepat untuk Obesitas

Demikianlah beberapa cara yang dapat dilakukan dalam mengobati demam scarlet baik dirumah maupun dari resep dokter. Selama pengobatan berlangsung, hindari pemicu yang dapat menyebabkan demam scarlet ini muncul. Cara-cara diatas dapat diterapkan pada pasien yang menderita demam scarlet. Pengobatan demam scarlet dapat dilakukan dirumah jika pasien tidak nyaman dengan pengobatan dirumah sakit. Dan cara pengobatan dan penanganan diatas dapat dilakukan secara mandiri dirumah.