Cara Mengobati Alergi DebuSumber: doktersehat.com

Alergi debu mungkin bukan lagi hal yang aneh. Kamu atau orang di sekelilingmu mungkin menderita penyakit ini. Alergi ini kadang membuatmu sulit beraktivitas baik di dalam maupun di luar rumah. Tentunya kamu harus mengetahui cara mengobati alergi debu agar dapat mengatasi masalah alergimu. Namun, sebelum mengetahui cara mengobati alergi debu, kamu perlu tahu beberapa hal tentang alergi debu. Apa itu alergi debu? Menurut doktersehat.com alergi debu adalah bentuk reaksi tubuh yang diakibatkan oleh respon sistem imun tubuh terhadap mikroorganisme maupun partikel-partikel kecil yang terdapat di dalam debu. Menurut hellosehat.com alergi debu adalah salah satu jenis alergi yang umum terjadi. Hal ini dapat terjadi disebabkan karena sistem kekebalan tubuh kamu bereaksi pada zat protein yang ada di dalam debu. Debu terbentuk dari sel-sel kulit manusia yang telah mati. Di dalam debu terdapat beberapa serangga atau hewan yang bisa menjadi pemicu dari alergi pada tubuh. Umumnya, reaksi alergi ini dipicu oleh tungau debu yang hidup di karpet, kasur, bantal, hingga sprei. Hal ini tentu sangat menganggu, terutama dalam beraktivitas sehari-hari. Banyak tempat dan ruang terbuka yang penuh dengan debu yang tentunya tidak dapat kamu hindari.

READ  Cara Mengobati Demam Scarlet dan Penanganannya

Apa saja penyebabnya? Terdapat beberapa penyebab dari alergi debu ini seperti jamur atau mold, ini wujudnya muncul seperti kumpulan debu, terkadang bentuknya bisa berupa titik-titik putih atau kumpulan berwarna putih kehijauan yang terlihat seperti kapas. Jenis ini dapat menyebarkan spora ke udara dan memicu timbulnya reaksi alergi. Namun ada pula jamur yang tidak terlihat sehingga sulit untuk dibersihkan. Menurut hellosehat.com selain itu ada kecoak, ini merupakan serangga yang hidup di banyak lokasi di seluruh dunia. serangga ini mudah beradaptasi dan sangat menyukai kondisi suhu yang hangat. Gejala alergi dapat terjadi ketika merada di lingkungan yang banyak hewan kecoak. Air liur, kencing dan bagian tubuh sisa membuangan kecoak bisa terdapat di debu dan sering memicu alergi. Faktor pemicu palig umum adalah tungau debu. Ini adalah mikroorganisme yang menjadi penyebab umum terjadinya alergi debu. Tungau dapat menghasilkan kotoran yang jika dihirup atau menyentuh kulit, akan direspon oleh sistem imun tubuh dengan cara melepaskan zat histamin. Zat histamin inilah yang menyebabkan timbulnya reaksi alergi pada tubuh seperti bersin, kulit yang terasa galta, dan munculnya ruam pada kulit.

READ  Menu Sehat untuk Olahragawan

Lalu bagaimana cara mengobati alergi debu ini? Kamu dapat menggunakan bemacam obat alergi debu untuk menangani masalah alergimu. Keefektivitasan dari obat akan tergantung pada gejala yang ditimbulkan oleh tubuhmu. Kamu dapat menggunakan beberapa obat untuk meringankan gejalanya. Salah satu cara mengobati alergi debu adalah dengan obat-obatan medis. Obat alergi tidak akan menyembuhkan alergi, namun dapat meringankan efek dari alergi. Beberapa contoh obat alergi yang dapat digunakan adalah dekongestan, antihistamin, dan kortikostreroid intranasal. Dekongestan adalah salah satu obat yang dapat meredakan hidung tersumbat dan tekanan sinus. Kamu dapat menggunakan dekongestan bebas resep yang populer meliputi semprotan nasal afrin, zyrtec-D dan sudafed PE. Anthistamin merupakan obat yang dapat menghalangi aksi dari zat histamin atau zat yang menyebabkan alergi dalam tubuh, kamu dapat mengunakan antihistamin bebas resep seperti claritin, incidal dan levocetirizine. Kortikosteroid intranasal atau semprotan hidung dapat membantu dalam mengurangi peradangan dan pembengkakan akibat alergi. Dapat memberikan efek yang lebih lama dari antihistamin dan jarang terjadi efek samping pada obat ini. Kamu hanya dapat menggunakan obat ini dengan resep dokter.

READ  Alergi Debu Adalah Alergi Umum