Obesitas adalah masalah kesehatan yang kronis diakibatkan penumpukan lemak pada tubuh yang sangat tinggi . asupan kalori yang lebih banyak dibandingkan aktivitas meyebabkan kalori menumpuk dalam lemak sehingga keadaan ini jika dalam keadaan yang lama akan menambah berat badan secara tidak wajar dan menyebabkan obesitas. Obesitas ini adalah penyakit yang juga perlu dihindari walaupun kelihatannya hanya sebatas masalah berat badan tetapi jika dibiarkan secara terus menerus akan mengakibatkan masalah kesehatan pada tubuh . obesitas ini berawal dari memakan makanan yang berlebih apalagi pada obesitas ini juga menyerang tidak sesuai dengan umur . jika terserang terkena anak anak kasian mereka akan tertekan tidak memiliki teman bermain , sulit bergerak untuk beraktivitas dan lainnya .

Dilansir dari alodokter . menurut WHO tahun 2016 sekitar 650 juta penduduk berusia dewasa mengalami obesitas sedangkan 340 juta anak anak dan remaja usia 5 sampai 19 tahun mengalami berat badan berlebih . bahkan diindonesia sendiri pada tahun 2010 terdapat 23% orang dewasa yang mengalami obesitas dan wanita lebih banyak yang mengalaminya dibandingkan pria . lalu apasih penyebab obesitas ? orang terkena obesita karena seseorang mengonsumsi makanan dan minuman yang tinggi kalori tanpa melakukan aktivitas fisik untuk membakar kalori berlebih , masalah obesitas ini bisa jadi dengan berhubungan jumlah kematian penyakit jantung , pembuluh darah , kanker , diabetes , penyakit kanker dan jumlah kematian penderita obesitas yang disertai jumlah penyakit lebih bayak dibandingkan penderita dengan berat badan yang normal .obesitas juga dipicu pertumbuhan industry dan ekonomi tak terkecuali perubahan gaya hidup , asupan nutrisi yang semakin banyak dari makanan olahan dan diet dengan tinggi kalori  . kalori yang menumpuk itu diubah menjadi lemak ditubuh dan membuat pertambahan berat ada beberapa faktornya seperti :

  • Kehamilan
  • Kurang tidur
  • Pertambahan usia
  • Faktor keturunan atau genetic
  • Efek samping obat obatan
  • Penyakita atau keadaan medis tertentu
READ  Inilah Program Diet Tepat untuk Obesitas

 

Obesitas tentu  saja menyebabkan komplikasi seperti penumpukan lemak yang menigkat menyebabkan penyakit jantung , diabetes atau hipertensi . obesitas juga dapat menyebabkan gangguan kualitas hidup dan dari segi mental membuat kurang percaya diri dan mengakibatkan stress sampai depresi ini juga bisa mengakibatkan seseorang bunuh diri karena selalu diejek atau dihujat orang lain atau biasanya disebut dengan body shaming  . obesitas bukan sembarang , orang yang gendut pun belum tentu dikatakan obesitas dilansir dari alodokter ada beberapa cara dokter untuk mendiagnosanya : seseorang yang dikatakan obesitas jika indeks massa tubuhnya lebih dari 25 . perhitungan tersebut membandingkan berat badan dengan tinggi badan , Nah inilah yang digunakan untuk mengetahui berat badan seseorang apakah sudah idela apa belum , berlebih atau tidak . penanganan pada orang terkena obesitas ini jga ditujukan utnuk mencapai dan mempertahankan berat badan agar tidak menjadi masalah kesehatan yang serius maka perlu dilakukan perubahan pola makan dan peningkatan aktivitas fisik lalu jika obesitas sudah parah bisa juga sambil melakukan pengobatan lain seperti :

  • Mengonsumsi obat penurun berat badan
  • Mengikuti konseling dan support group untuk mengatasi masalah psikologis
  • Menjalani operasi bariatritik untuk mengobati pasien obesitas .
  • Penurunan berat badan walaupun dalam jumlah kecil dan mempertahankan secara stabil dapat membuat seseorang mengalami kompliaksi penyakit .
READ  Mengenal Beragam Informasi Seputar Jenis-Jenis Alergi

Alasan terkena obesitas atau berat badan

Sumber gambar:  cnnindonesia.com